Perjuangan Pengidap Kleptomania Untuk Sembuh

Judul: Rust In Pieces
Penulis Nel Falisha
Penerbit: Ice Cube
Tahun Terbit: Maret 2015
Harga: Rp 48.000,-

image

SINOPSIS:

Popularitas Tiana runtuh setelah aksi menguntilnya dipergoki oleh teman-temannya. Tidak hanya itu, Tiana juga menerima julukan Miss K atau Miss Klepto. Hal itu membuatnya frustasi. Hingga pada saat melanjutkan sekolah ke tinggat atas, Tiana memilih SMA yang berbeda dengan teman-teman SMPnya. Namun, prediksi Tiana salah. Di SMA yang ia pilih, Tiana masih bertemu Dinda, teman SMPnya.

Di SMA, Tiana jadi orang yang anti sosial. Ia tidak mempunyai teman. Ia selalu ketakutan dan berprasangka buruk pada orang yang dekat padanya, takut orang itu menghakiminya sebagai klepto. Tiana sadar kalau perbuatannya itu salah, tapi Tiana tidak bisa mengendalikan jari-jarinya. Ia masih saja terus mengutil meski ia tidak ingin.

Hingga suatu saat Stefan, teman sekelasnya di SMA, mengetahui Tiana klepto. Tapi Stefan tidak menghakimi Tiana. Stefan malah mendekati Tiana dan membujuk gadis itu agar Tiana mau berobat ke psikater. Tapi Tiana yang selalu berpikiran negatif pada orang lain. Tiana menolak hal itu.

image

Tapi suatu kejadian membuat orang tua Tiana tahu kalo Tiana suka mengutil. Orangtuanya kecewa. Dan hal itu membuat Tiana berpikir ulang tawaran Stefen. Tiana akhirnya mau konsultasi ke psikiatet yang tak lain adalah Oomnya Stefen.

Sejak itu Tiana mulai dekat dengan Stefan. Tidak hanya itu, ia juga mulai membuka diri untuk teman-temannya yang lain seperti Dinda, Ardan dan Sherry. Hal ini terjadi karena ia belajar untuk berpikiran positif. Dan selama ia berpikir positif, aksi mengutilnya bisa berkurang.
Tapi ternyata untuk sembuh tidak semudah itu. Saat ia mulai percaya pada orang lain, berbagai hal terjadi. Mulai dari Stefan yang bermesraab dengan Sherry (padahal Tiana menyukai Stefan), Dinda yang tiba-tiba malu mengakui pertemanan mereka saat bertemu teman SMP mereka, hingga Sherry yang mempunyai hubungan dengan Sarah, mantan sahabat Tiana yang di SMP dulu–yang menjulukinya Miss Klepto.

Dan, pikiran negatif itu menguasai pikiran Tiana lagi. Membuatnya tidak bisa mengendalikan jari-jarinya.

REVIEW:
Rust in Pieces adalah seri YARN kedua yang saya baca–setelah Remedy. Seperti novel sebelumnya, saya puas dengan novel ini. Meski ini novel debut penulisnya, novel ini benar-benar bagus.
Dari penokohan, setiap karakter begitu kuat. Semua terjalin begitu baik untuk menghidupkan cerita. Semuanya memberi kontribusi membuat cerita ini kian menarik. Dan karakter favoritku di sini adalah Sherry–meski Tiana yang tokoh utama juga sama menariknya.

Untuk masalah klepto, penulisnya benar-benar merisetnya dengan baik. Terlihat bagaimana penulis menjelaskan tentang klepto dan bagaimana terapi untuk penyembuhannya. Salut sama penulisnya. Hal itu membuat novel ini jadi berisi.

Alur cerita dan ploting diatur dengan baik. Setting Bali nya pun sangat terasa. Mungkin ini karena penulisnya tinggal di Bali.

Mungkin kelemahan novel ini hanyalah terjadi pada kesalahan ketikan. Karena ada beberapa bagian saya menemukan typo.

Secara keseluruhan saya menyukai novel ini. Sangat suka. Meski ini novel remaja, tapi sangat berisi. Rekomendasi sekali untuk yang ingin baca novel remaja dengan konflik yang lebih dalam–bukan hanya tentang cinta-cintaan.

Saya rasa, 4 bintang dari 5 bintang sangat pantas saya berikan pada RUST IN PIECES karya Nel Falisha ini.

Terakhir, ini quote favorit saya dari novel ini.

image

Sampai jumpa lagi pada review novel selanjutbnya ^^ *kiss*

2 thoughts on “Perjuangan Pengidap Kleptomania Untuk Sembuh

  1. Read + Review (@Rany_Dwi004) says:

    Wah…sepertinya saya harus baca buku ini deh. Btw, untuk seri YARN ini saya masih baca remedy-nya kak Biondy. Dan saya selalu suka dengan penulis yang mengangkat topic tambahan seperti Klepto ini di dalam novelnya. Jadi kesannya, konflik yang dihadirkan penulis lebih bervariasi.

    Like

Leave a comment